Senin, 05 Januari 2009

Membuat Aplikasi

Terdapat beberapa tool untuk membuat aplikasi J2ME pada handphone. Pada dasarnya hanya diperlukan tiga file saja yaitu J2SE, J2ME Wireless Toolkit (J2MEWTK) dan sebuah text editor.

Persiapan membuat program J2ME. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Instal J2SDK

2. Instal J2ME

Mulai membuat aplikasi dengan profile MIDP:

List dan Interaksi User

Pada saat kita membuat aplikasi maka diperlukan link, tombol atau item lain yang bisa digunakan user untuk berinteraksi dengan aplikasi. Gunanya tentu saja untuk mengantarkan user ke bagian lain dari aplikasi sesuai yang ditunjuk oleh link, tombol atau link tersebut. API MIDP mempunyai komponen yang dapat digunakan untuk membangun user interface seperti list, radio button, selection box dan lain-lain.

Untuk membuat list kita membuat dari class List. Untuk menambahkan daftar pilihan bisa menggunakan method append(). Selanjutnya untuk menampilkan dilayar, kita harus membuat obyek dari class Display. Dari obyek Display ini kita panggil method setCurrent() dengan masukkan parameter obyek List tadi untuk menampilkan list di layar. Pengesetan display kita lakukan pada method startApp(). Berikut ini adalah contoh penggunaan List:

private List mainMenu = null;

private Display display;

public MenuMidlet01() {

mainMenu = new List("Menu Midlet", List.IMPLICIT);

mainMenu.append("Link 1", null);

mainMenu.append("Link 2", null);

mainMenu.append("Keluar", null);

}

public void startApp(){

display = Display.getDisplay(this);

display.setCurrent(mainMenu);

}

Agar aplikasi memproses aksi yang diberikan oleh user pada saat memilih menu. Kita harus membuat obyek Alert terlebih dahulu. Selanjutnya menampahkan method setCommandListener() pada obyek List. Untuk memproses aksi user kita harus membuat statement aksi kita pada method commandAction(). Berikut ini contoh memroses aksi user:

… …

private Alert alert;

public MenuMidlet02() {

mainMenu = new List("Menu Midlet", List.IMPLICIT);

… …

mainMenu.setCommandListener(this);

}

public void startApp(){

… …

}

public void commandAction(Command c, Displayable d) {

if (d == mainMenu) {

if (mainMenu.isSelected(0)) {

alert = new Alert("Alert!!");

alert.setString("Link1 ditekan, silakan tunggu..");

display.setCurrent(alert);

}

else if (mainMenu.isSelected(1)) {

… …

}

}

Obyek yang dibentuk dari class Command dapat ditambahkan pada banyak obyek, misalnya obyek yang dibuat dari class Form, class TextBox, class Canvas dan lain-lain.

Menggambar di Canvas

Selain itu kita juga bisa menggambar di Canvas. Canvas, sesuai namanya kegunaan obyek ini adalah untuk mengambar. Selain itu sifatnya hampir sama dengan obyek lain yang bisa ditambahkan obyek-obyek lain kedalamnya seperti penambahan obyek command. Obyek canvas sering digunakan untuk membuat aplikasi game. Ketika kita menggambar di Canvas, yang dilakukan terlebih dahulu adalah membuat class Canvas yang nantinya akan dipanggil sebagai obyek.

Kita juga bisa menampilkan tulisan di Canvas. Berikut ini adalah cara untuk mengeset model tulisan:

g.setFont(Font.getFont(Font.FACE_SYSTEM,Font.STYLE_ITALIC, Font.SIZE_MEDIUM));

setFont() adalah method yang dimiliki oleh objek g yang berguna untuk melakukan setting font. Untuk jenis font, style font dan ukuran font digunakan objek Font dan method getFont. Method ini berguna untuk mengambil nilai jenis, style dan ukuran font. Untuk masing-masing nilai telah disediakan oleh objek Font dalam fieldnya. Berikut adalah nilai-nilai dari field-field tersebut.

Kelompok jenis (face) font :

• FACE_MONOSPACE.

• FACE_PROPOTIONAL.

• FACE_SYSTEM.

Kelompok style font :

• STYLE_BOLD.

• STYLE_ITALIC.

• STYLE_PLAIN.

• STYLE_UNDERLINED.

Kelompok ukuran font :

• SIZE_LARGE.

• SIZE_MEDIUM.

• SIZE_SMALL.

Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca pada referensi tentang MIDP API pada bagian class Graphics. Setelah model tulisan kita tentukan, kita bisa mulai menuliskan tulisan di Canvas dengan cara sebagai berikut:

g.drawString("J2ME!", getWidth(), getHeight(),

g.BOTTOM|g.RIGHT);

Method ini adalah cara untuk melukis string pada canvas. Yang perlu diperhatikan adalah pada bagian g.BOTTOM|g.RIGHT, bagian ini merupakan titik pusat dari obyek yang akan digambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar