Senin, 05 Januari 2009

Materi Penunjang

Proses Loading pada Aplikasi J2ME

Ketika sebuah aplikasi telah selesai dibuat, diperlukan sebuah mekanisme khusus yang memugkinkan sebuah aplikasi dapat disimpan kedalam sebuah perangkat komunikasi bergerak. Umumnya, digunakan istilah yang dinamakan Application Management Software (AMS) untuk menerangkan mekanisme tersebut. Skenario proses download adalah sebagai berikut:

· Seorang pelanggan mengakses sebuah halaman web atau WAP menggunakan perangkat komunikasi bergeraknya.

· Selanjutnya pelanggan tertarik terhadap suatu aplikasi dan memilihnya, secara otimatis file descriptor aplikasi tersebut akan ter-download melalu jaringan komunikasi ke handset nya. Pada umumnya ukuran file ini relatif kecil sehingga proses download sangat cepat.

· File descriptor ini memberitahukan pengguna beberapa hal mendasar tentang aplikasi yang baru saja di-download, misalnya versi, ukuran file dan sebagainya. Sehingga bila space memori handset tidak cukup atau file tersebut sudah ada maka pengguna bisa membatalkannya.

· Jika tidak ada permasalahan dengan kondisi handset, AMS akan mulai mendownload aplikasi dan menyimpannya, untuk kemudian muncul pada pilihan aplikasi.

Dasar-dasar Midlet

Midlet adalah aplikasi yang dibuat menggunakan Java 2 Micro Edition dengan profile Mobile Information Device Profile (MIDP). MIDP dikhususkan untuk digunakan pada handset dengan kemampuan CPU, memori, keyboard, dan layar yang terbatas. Secara umum terdapat beberapa hal penting dalam membuat sebuah aplikasi MIDLET, yaitu menyangkut life cycle, user interface, command handling, deployment dan Application Management.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar